Tol Bangkinang -XIII Koto Kampar Bisa Dilintasi Gratis, Begini Caranya

Daerah, Nasional, Terbaru294 Dilihat

Pekanbaru, WajahPublik.com – Setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, ruas jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar, Jumat (31/5) sudah bisa dilalui oleh masyarakat umum. Ruas jalan Tol ini merupakan ruas Jalan Tol Pekanbaru-Padang, Ruas Bangkinang-Pangkalan seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan, bahwa jalan tol ini akan dioperasikan tanpa tarif alias gratis. Namun, perlu dilakukan cleaning area terlebih dahulu untuk memastikan jalan tol aman untuk dilalui.

“Open traffic perdana hari ini (31/05) tepat pukul 15.00 WIB. Pengguna jalan tol diharapkan untuk tetap melakukan tapping kartu uang elektronik, dan diharapkan terus memantau informasi terkini melalui akun resmi Instagram jalan tol Hutama Karya @HutamaKaryaTollRoad,” ujar Budi Harto, Jumat (31/5).

Dijelaskan Budi, dari sisi fasilitas struktur, jalan tol ini dilengkapi 8 unit jembatan, 1 interchange, 9 box pedestrian + box culvert, 3 overpass, dan 2 gerbang tol.

Sementara, jumlah lajur pada tahap awal 2×2. Dengan kecepatan rencana adalah 80 km/jam. Jarak tempuh ini dapat mengefisiensikan perjalanan dari Bangkinang ke Koto Kampar dari 1 jam menjadi 20 – 30 menit. Sementara, dari Pekanbaru ke Koto Kampar dari 3 Jam menjadi 1,5 jam.

“Manfaat ganda lainnya dari kehadiran jalan tol ini diharapkan mampu meningkatkan aksesibilitas dari Kota Pekanbaru menuju Provinsi Sumatra Barat. Kemudian, stimulus bagi perekonomian setempat melalui kemudahan akses ke berbagai tempat wisata, dan menumbuhkan ekonomi jalur perdagangan dari Provinsi Riau menuju Sumatra Barat,” jelas Budi.

Dia menyampaikan bahwa nilai investasi pembangunan Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar sebesar Rp 4,83 triliun dengan waktu pelaksanaan selama 5 tahun. “Jalan tol ini tuntas kita uji laik fungsikan pada April lalu, dan telah menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR,” kata Budi.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol yang menghubungkan Riau-Sumatera Barat di Kabupaten Kampar, Riau Jumat (31/5).

Tol yang diresmikan itu berada di XIII Koto Kampar pada seksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1. Tampak hadir saat peresmian Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur Riau SF Hariyanto dan beberapa pejabat tinggi negara dan daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *