Diduga Kades Kuala Semundam Sengaja Langgar UU Pilpres dan Tutupi Anggaran Dana Desa Proyek Semenisasi dan Drainase Tampa Plang Kegiatan

Daerah217 Dilihat

Pelalawan, WajahPublik.com – Informasi merupakan kebutuhan pokok dan hak asasi manusia. Begitu juga halnya Keterbukaan Informasi Publik (KIP) merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang merupakan badan publik wajib menyediakan, memberikan dan/atau menerbitkan informasi publik yang berada di bawah kewenangannya.Sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap bangunan fisik yang dibiayai oleh Negara wajib memasang papan nama proyek.

Papan nama penting sebagai sarana masyarakat mengetahui jenis kegiatan proyek, besarnya anggaran, dan asal usul anggaran (APBD/APBN), nama kontraktor, tenggat waktu pelaksanaan kegiatan, dan perawatan. Papan nama proyek sebagai bentuk transparansi sekaligus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan pengawasan dan pencegahan terjadinya pencurian uang rakyat.

Badan publik wajib menyediakan informasi publik yang akurat, benar dan tidak menyesatkan sesuai dengan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Namun hal tersebut tampaknya tidak diindahkan oleh Oknum Kepala Desa (Kades) Kuala Semundam Kecamatan bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan Riau, Sitiaminah .

Pasalnya, temuan Awak Media di lapangan proyek
menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) untuk jalan semenisasi disamping kantor desa Kuala Semundam jalan lintas Timur kecamatan Petalangan kabupaten Pelalawan,tidak ada plang kegiatan proyek semenisasi dan Grenase Jum’at 10/5/2023.

Awak media mencoba konfirmasi kepada pekerja anggota proyek semenisasi dan Grenase disamping kantor desa Kuala Semundam” siapa tanggung jawab kerja semenisasi pak ? saya pekerja pak,,bapak langsung kepada ibuk kepala desa aja ,dia(ibuk kades udah pulang pak,bapak langsung kerumah ibuk kades aja , alamat nya di dekat rumah tiga susun samping bengkel, ada jalan,masuk ke dalam,tanya rumah ibuk kades siti aminah .tutur pekerja tukang proyek.

Ditanya soal plang proyek semenisasi dan Grenase, desa Kuala Semundam pekerjaan,setelah selesai proyek semenisasi,baru di pasang tutur pekerja tukang yang tidak mau disebutkan nama nya.

Tim awak media mencoba konfirmasi nomer ibuk kades yang di berikan oleh orang yang ada di rumah kepala desa dengan nomer 081371829290 ,jawaban nomer diblokir.

Sampai berita ini di layang kan kades Kuala Semundam Jalan lintas timur kecamatan bandar Petalangan kabupaten Pelalawan tidak dapat di konfirmasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *