KPU Halmahera Barat Resmi Luncurkan Pilkada 2024

Nasional23 Dilihat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat resmi meluncurkan tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di lokasi Festival Teluk Jailolo, Senin (6/5) malam.

Ketua KPU Halbar, Mifathudin Yusup, bersama Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, dan Parmas Ramlah Hasyim, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Abdul Rahman Sulaiman, Sekretaris KPU Rusdi Yaman, Bupati Halbar, James Uang, Wakil Bupati Djufri Muhamad, beserta Kapolres dan Kejari Halbar turut meresmikan acara bertajuk ‘Peluncuran Tahapan dan Hari Pemungutan Suara Pilkada Serentak Tahun 2024’.

Ketua KPU Halbar, Mifathudin Yusup dalam sambutannya mengatakan, peluncuran tahapan Pilkada ini memiliki maksud dan tujuan yakni memberikan sarana sosialisasi untuk menyebarluaskan informasi dan pemahaman kepada masyarakat baik itu tahapan dan jadwal Pilkada.

“Untuk itu, kami berharap lebih pro aktif mempersiapkan diri menyongsong tahapan Pilkada dan memberikan hak politiknya pada tanggal 27 November nantinya,” katanya.

Menurutnya, pemilihan kepala daerah merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang diselenggarakan secara demokratis dan beradab melalui partisipasi rakyat seluas-luasnya berdasarkan asas umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dalam negara Kesatuan Republik Indonesia.

Miftah mengatakan proses tahapan Pilkada sementara berjalan. Di tanggal 5 kemarin, kata dia, adalah proses penyampaian dari unsur independen.

“Oleh karena itu, pada tanggal 8 sampai tanggal 12, kalau ada masyarakat Halmahera Barat yang berminat menjadi Bupati dan Wakil Bupati dari unsur independen, silahkan mendaftar ke KPU Halmahera Barat, dengan menyertakan KTP warga Halmahera Barat, sebanyak yang sudah ditentukan”jelasnya.

Selain itu, sebelum berakhir masa tugas bersama 4 Komisioner KPU lainnya, Miftah memohon maaf atas semua kekurangan selama pelaksanaan tahapan pesta demokrasi.

“Kami sadar dan percaya bahwa selama tugas yang kami emban, masih banyak kekurangan. Untuk itu sebagai manusia biasa, kami memohon maaf,”pungkasnya.

Sementara itu, Bupati James dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Pilkada menjadi sarana kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Menurut James, dalam momentum pesta demokrasi, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, tentu akan selalu memunculkan perbedaan Pilihan. Akan tetapi ia mengajak agar terus belajar menghargai setiap perbedaan itu.

“Saya bangga dan memberikan aprsiasi untuk semua stekholder yang ada, berkat doa bersama sehingga KPU tahap demi tahap, langkah demi langkah, melangkah dengan pasti, sehingga pada hari ini melakukan kegiatan launching Pilkada Tahun 2024. khusus KPU, ini sesuatu yang sangat membanggakan, karena ada perkembangan, ada kemajuan yang dilakukan,”tuturnya.

________
Penulis: Zulfikar Saman

Editor : Budi Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *