Persiapan Atlet Menuju PON Aceh-Sumut, KONI Riau Terapkan Inovasi Sport Science dan Sport Medicine

Daerah, Olah Raga, Terbaru418 Dilihat

Pekanbaru, WajahPublik.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau saat ini terus mematangkan persiapan atlet menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XII Aceh-Sumut. Sehingga diharapkan apa yang menjadi target nantinya bisa tercapai.

Berbagai upaya dan inovasi pun dilakukan KONI Riau dalam mempersiapkan atlet menuju PON, di antaranya adalah menerapkan inovasi Sport Science dan Sport Medicine.

“Tim Satuan Pelaksana (Satlak) dari awal berkeinginan merubah metode sesuai dengan arahan Pak Ketum KONI Riau, ada inovasi lah yang dilakukan untuk atlet. Maka kita terapkan dengan Sport Science dan Sport Medicine dalam penerapan ini. Dan ternyata mendapat apresiasi yang luar bisa,” ujar Ketua Tim Satlak KONI Riau dr Nurzelly, Minggu (28/4).

Ia mengatakan, pihaknya juga bersyukur ada tim ahli, yang betul-betul memang telah diseleksi oleh KONI Riau dalam penerapan inovasi Sport Science dan Sport Medicine. “Kita harus punya standar awal, database dari atlet kita semua. Maka tes kesehatan dan tes fisik ini berguna untuk evaluasi awal.

“Kita minta sudah sejauh mana sih kemampuan atlet kita ini yang nantinya akan dipersiapkan untuk PON Aceh-Sumut. Karena kita ingin tau dengan evaluasi satu atau dua bulan kedepan itu harus ada peningkatan. Kalau tidak, kenapa tidak. Oleh karena itu mana yang tidak memenuhi kriteria minimal nanti tim ahli akan melaporkan kepada kita sesuai dengan cabornya. Ini spesifik per cabor,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, nantinya akan ada laporan perjalanan dari hari ke harinya yang dilakukan beberapa hari ini sehingga Satlak akan melakukan evaluasi secara bersama. Dan akan ada kick off training center (TC) berjalan oleh Gubernur Riau dan Ketum KONI Riau dalam waktu satu atau dua Minggu ke depan.

“Kita dapat laporan itu untuk kita evaluasi. Bahwa ini lah pencanangan bahwa tim Riau atau kontingen Riau sudah mempersiapkan diri untuk berangkat menuju PON Aceh-Sumut. Kita berharap nantinya akan ada pertemuan dengan semua cabor yang akan diterjunkan pada PON untuk mengevaluasi atlet. Insyaallah kedepannya Riau mempunyai program yang baik dalam pengembangan olahraga. Itu yang kita harapkan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *