Saat Libur Lebaran Riau Terpantau Nihil Karhutla

Gambar hanya Ilustrasi

Pekanbaru, WajahPublik.com – Libur hari raya IdulFitri 1445 Hijriah atau Lebaran tahun 2024, Provinsi Riau terpantau nihil kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal ini karena sebagai besar wilayah Provinsi Riau diguyur hujan mulai dari malam takbiran. Kemudian, pada lebaran pertama dan kedua juga Riau masih diguyur hujan.

“Alhamdulillah, libur Lebaran tahun ini Riau nihil kebakaran hutan dan lahan, karena wilayah Riau diguyur hujan,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Sabtu (13/4/2024).

Edy Afrizal menyatakan, jika tidak diguyur hujan maka pihaknya tidak bisa membayangkan jika terjadi kebakaran di kabupaten kota. Hal ini karena libur Lebaran petugas harus berjibaku melakukan pemadaman api.

“Kalau tidak ada hujan, terpaksa petugas gabungan harus mengorbankan liburan Lebaran nya dengan keluarga. Karena sebelum Lebaran kondisi wilayah pesisir Riau memang lagi musim panas, tidak ada hujan,” sebutnya.

Bahkan, tambah Edy Afrizal, pihaknya telah melakukan beberapa antisipasi jika terjadi Karhutla saat libur Lebaran. Termasuk mensiagakan petugas secara bergantian.

“Mudah-mudahan beberapa hari kedepan wilayah Riau masih diguyur hujan, sehingga tidak terjadi kebakaran di kabupaten kota,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *