Kampung KB Desa Sungai Nibung Dinobatkan Terbaik Pertama se-Riau

Daerah, Ekonomi, Terbaru840 Dilihat

Bengkalis, WajahPublik.com – Kampung Keluarga Berencana (KB) Desa Sungai Nibung, Kecamatan Siak Kecil dinobatkan sebagai terbaik pertama se-Provinsi Riau tahun 2024. Penobatan terbaik ini, mengantarkan Desa Sungai Nibung menjadi duta Provinsi Riau di level nasional.

Berdasarkan surat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Provinsi Riau Nomor 173/PD.05/J2/2024 tanggal 4 April 2024 yang ditandatangani Kepala Perwakilan Mardalena Wati Yulia, menyebutkan tiga desa di Provinsi Riau ditetapkan sebagai kampung terbaik.

Kampung KB

Yakni, Kampung KB Desa Sungai Nibung, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis meraih posisi terbaik pertama. Kemudian Kampung KB Tualang, Kabupaten Siak meraih posisi terbaik kedua, dan Kampung KB Karya Bersama, Kabupaten Kuantan Singingi terbaik ketiga.

“Alhamdulillah, Desa Sungai Nibung telah mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis di level Provinsi Riau, sebagai Kampung KB terbaik pertama. Tentunya pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan program KB,” ungkap Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Daldul KB) Hambali, Sabtu 6 April 2024.

Dijelaskan Hambali, sebelumnya Desa Sungai Nibung ditetapkan sebagai Kampung KB terbaik tingkat Kabupaten Bengkalis, sehingga layak untuk mewakili Negeri Junjungan pada level provinsi.

Atas penetapan itu, lantas tim verifikasi dari Provinsi yang terdiri dari BKKBN Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Riau, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Riau dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau (DP3AP2KB), turun ke Desa Sungai Nibung untuk melakukan verifikasi.

Adapun item yang diverifikasi, meliputi verifikasi dokumen pada Kampung KB Desa Sungai Nibung, terkait sasaran program diantaranya penyediaan data dan dokumen kependudukan, peningkatan perubahan perilaku, peningkatan cakupan layanan dan rujukan pada keluarga serta penataan lingkungan hidup keluarga dan masyarakat.

Diungkapkan Hambali, penobatan sebagai Kampung KB terbaik se-Provinsi Riau, tentunya menjadi sebuah motivasi dan sekaligus tantangan bagi seluruh elemen di Desa Sungai Nibung, mulai dari masyarakat, aparat desa dan penyuluh KB untuk meningkatkan semakin meningkatkan program KB.

Kehadiran Kampung KB ini memiliki manfaat untuk meningkatkan di Desa, karena melalui program Kampung KB ini dapat menekan angka kelahiran, meningkatkan kesehatan ibu dan anak, mencegah stunting dan gizi buruk, meningkatkan kesadaran pentingnya reproduksi dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan membangun kemandirian ekonomi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *