Jalan Tol Bangkinang – Pangkalan Gratis Saat Mudik 2024

Pekanbaru, WajahPublik.com – Jelang mudik Lebaran 2024 M/1445 H, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya), berencana untuk memfungsikan 2 ruas Jalan Trans Sumatera (JTTS), salah satunya ditandai dengan rampungnya proyek jalan tol Bangkinang – Pangkalan Tahap I (Bangkinang-Koto Kampar).

Foto diambil menggunakan drone

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan, jalan tol Bangkinang-Pangkalan Tahap I (Bangkinang-Koto Kampar), akan segera diajukan pelaksanaan permohonan Uji Laik Fungsi (ULF), untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut oleh regulator atau Kementerian PUPR, dengan harapan dapat menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada pertengahan tahun 2024.

Jalan tol Bangkinang-Pangkalan Tahap I, memiliki mainroad sepanjang 24,7 km, dengan jumlah lajur 2×2. Adapun kecepatan rencana adalah 80 km/jam, yang dapat mengefisiensikan perjalanan pengguna jalan tol dari semula 1 jam menjadi hanya 15 – 20 menit. Untuk jalan tol ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas struktur meliputi 8 jembatan, 9 box pedestrian + box culvert, 3 overpass, 1 interchange, dan 2 gerbang tol.

Penampakan rest area tol Bangkinang – pangkalan

Selain memudahkan mobilitas memangkas waktu tempuh pemudik, jalan tol ini juga memberikan manfaat khusus untuk masyarakat sekitar, yaitu meningkatkan UMKM pada lokasi pintu keluar/masuk tol, membuka lapangan kerja pada masyarakat sekitar mulai dari saat proses konstruksi hingga operasional.

Sebagai informasi, 2 ruas JTTS yang rencana akan difungsikan meliputi jalan tol Bangkinang – Pangkalan Tahap I, dan jalan tol Indrapura – Kisaran Seksi Limapuluh – Kisaran. Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang ±1.030 km, termasuk dengan jalan tol dukungan konstruksi.

Penulis :Riano hartiko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *