Bupati Pelalawan H.Zukri Ikuti Proses Mandi Balimau Sultan

Daerah, Peristiwa386 Dilihat

Pelalawan, WajahPublik.com – Bupati Pelalawan H.Zukri Misan, SE mengikuti prosesi mandi Balimau Sulthan, dalam rangka menyambut kedatangan bulan Suci Ramadhan 1445 H/2024 M, Selasa (5/3/2024) di Kelurahan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan.

Dalam sambutannya, Bupati Zukri menyampaikan harapannya agar tradisi turun temurun Belimau Sultan di Kecamatan Pelalawan hendaknya dapat terus dilestarikan, karena hal ini merupakan suatu tradisi yang sudah ada sejak lama dilakukan oleh para pendahulu ketika memasuki bulan Ramadhan, dengan niat dan harapan agar kita semua memiliki hati yang bersih, rasa keimanan dan ketaqwaan yang kuat dalam menjalankan ibadah di bulan Suci Ramadhan.

Belimau Sultan ini lanjutnya, adalah tradisi yang harus terus dijaga dan dilestarikan, tidak boleh lekang ditengah panas, tidak lapuk.ditengah hujan, dan jangan sampai hilang ditelan bumi.
Maka dari itu, tradisi ini harus betul-betul dijaga dan dilestarikan keberadaannya. Untuk itu, dari tahun ketahun harus terus lebih baik, sehingga masyarakat terutama sekali para generasi muda nantinya tertarik untuk melihat, menyaksikan, dan juga menjaga tradisi Mandi Balimau Sulthan ini.

Zukri menegaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Pelalawan akan terus menjaga tradisi ini, bahkan berencana menjadikan Pelalawan ini sebagai pusat budaya di Riau, di Indonesia bahkan di dunia. InsyaAllah kawasan Istana Sayap ini, akan ditata kembali oleh Pemerintah Daerah, agar menjadi lebih baik dan menarik, sehingga memiliki daya tarik bagi wisatawan, baik lokal maupun manca negara untuk datang berlibur maupun mempelajari sejarah, namun semua niat dan rencana ini, butuh dukungan dari kita semua, sehingga apa yang kita niatkan, apa yang kita cita-citakan dikabulkan oleh Allah SWT.

Bupati Zukri menambahkan, bahwa tahun ini Pemerintah Kabupaten Pelalawan akan menjadikan istana sayap sebagai pusat wisata edukasi bagi anak-anak sekolah, akan disediakan bus gratis buat sekolah-sekolah se-Kabupaten Pelalawan yang ingin berwisata ke Istana Sayap, dengan tujuan agar generasi muda Kabupaten Pelalawan kedepan tidak melupakan sejarah, terutama sekali sejarah mengenai Istana Sayap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *