Pemerintah provinsi Papua serahkan bantuan alsintan olah cabai di Keerom

Jayapura, WajahPublik.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov Papua) melalui Dinas Pertanian dan Hortikultura, menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk pengolahan tanaman cabai bagi kelompok tani di Arso 9, Kabupaten Keerom.

Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Provinsi Papua Semuel Siriwa di Jayapura, Papua, Kamis, mengatakan bantuan yang diberikan pada Kamis ini merupakan jawaban atas keluhan yang disampaikan pada kunjungan Penjabat Gubernur Papua pada Selasa (20/2/2024).

“Dengan memberikan peralatan tersebut diharapkan produksi cabai bisa meningkat,” katanya.

Menurut Siriwa, bantuan alsintan yang diserahkan berupa cultivator sebanyak empat unit, pompa air dua unit, serta selang sepanjang 200 meter, yang mana bantuan tersebut sumber dananya dari APBD Provinsi Papua.

“Kami berharap juga dengan pemberian bantuan alat mesin pertanian ini dapat menjaga ketersediaan pasokan komoditas cabai,ā€¯ujarnya.

Dia berharap bantuan tersebut turut menekan harga cabai yang menjadi salah satu penyebab inflasi di Provinsi Papua.

“Produksi saat ini di perkirakan ada 95 ton cabai rawit dan cabai besar 70 ton, sehingga dipastikan menjelang bulan Puasa stok komoditas cabai aman,” katanya lagi.

Dia menambahkan berdasarkan laporan perkembangan komoditas cabai di Kabupaten Keerom dari Januari hingga Februari 2024, terdapat lahan cabai rawit seluas 35 hektare dan cabai besar 29,5 hektare yang akan panen, sehingga saat bulan Puasa serta Lebaran nanti komoditas tersebut aman.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *