Kapolres Pelalawan dan Bupati Zukri Bersama Forkopinda Sukses Mediasi Penolakan Ibadah Natal di Desa Merbau

Daerah17 Dilihat

Pelalawan, WajahPublik.com – Kapolres Pelalawan, Akbp. Suwinto.SH.SIK, dan Bupati Pelalawan, H. Zukri SE, memimpin mediasi bersama Forkopinda terkait penolakan aktivitas kegiatan ibadah Natal di Desa Merbau. Mediasi yang berlangsung di aula Teluk Meranti Polres Pelalawan pada Minggu (24/12/2023) pukul 11.00 Wib melibatkan berbagai pihak, termasuk pejabat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Dalam mediasi tersebut, Bupati Zukri menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan menyelesaikan permasalahan melalui dialog yang terbuka. Beliau menekankan pentingnya komunikasi yang baik antar-pihak untuk menghindari konflik dan kesalahpahaman. Zukri juga mengajak masyarakat Desa Merbau untuk bersikap bijak dan menahan diri agar situasi kondusif.

Pada acara yang sama, H. Fadil Harahap dari FKUB Kabupaten Pelalawan memberikan rekomendasi berdasarkan Surat Keputusan bersama Kementrian Agama dan Kementrian Dalam Negeri terkait penggunaan rumah ibadah sementara. Harahap berharap momen tersebut menjadi contoh sikap toleransi dan komunikasi yang baik.

Usai mediasi, tercapai kesepakatan untuk tetap melaksanakan kegiatan ibadah Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024. Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan akan melanjutkan penyelesaian permasalahan melalui pertemuan lanjutan pada bulan Januari 2024. Kapolres Pelalawan, Akbp. Suwinto.SH.SIK, mengingatkan masyarakat untuk menahan diri, saling menghargai, dan menciptakan toleransi antar umat beragama.

Dalam konfirmasinya, Kapolres Suwinto menegaskan bahwa kurangnya komunikasi menjadi akar permasalahan dan mengajak masyarakat untuk bersatu menjelang Pemilu 2024 demi mewujudkan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Pelalawan.

(Riano)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *