Kodim 1427 Pasangkayu Gelar Karya Bakti Dipasar Smart Martajaya

Daerah11 Dilihat

PASANGKAYU lI , WajahPublik.com – Kodim 1427 Pasangkayu menggelar karya bakti TNI menunggal bersama rakyat mitigasi bencana alam. Dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan dan mengantisipasi terjadinya banjir dan wabah penyakit.

Adapun kegiatan yang digelar oleh kodim 1427 Pasangkayu yakni membersihkan salur air (Selokan) dan sampah dipasar.

Kegiatan tersebut juga melibatkan beberapa Personel Polres Pasangkayu, ASN, masyarakat sekitar Serta beberapa anak sekolah.

Kegiatan ini pun berlangsung dipasar Smart kelurahan Martajaya kabupaten Pasangkayu provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dan dipimpin langsung oleh Dandim 1427 Pasangkayu Letkol Czi Dony Siswanto, Jum’at – (08/12/2023).

Komandan kodim (Dandim) 1427 Pasangkayu Letkol Czi Dony Siswanto menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan agar tetap sehat serta mengantisipasi luapan banjir ditengah mulai datangnya musim hujan.

“Karena dengan adanya sampah yang sudah menumpuk dan terdapatnya genangan air, memasuki musim hujan seperti saat ini, maka akan menjadi tempat bersarangnya segala macam penyakit,” ujarnya.

Dijelaskan, dimana pelaksanaan Karya Bakti TNI ini merupakan perintah langsung dari Komando Atas yakni Kepala Staf Angkatan Darat yang di laksanakan serentak diseluruh Indonesia sebagai upaya untuk menjaga dan terciptanya kebersihan lingkungan yang bersih, sehat, dan mengantisipasi terjadinya banjir di musim hujan yang sudah mulai tiba.

Lanjut Dony ia juga mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan TNI khususnya Kodim 1427 Pasangkayu, akan dapat memberikan edukasi positif bagi seluruh warga. Guna meningkatkan kesadaran masyarakat, tentang pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih dan asri.

”Dalam keadaan apapun, TNI akan selalu hadir ditengah masyarakat untuk mengatasi kesulitan warga masyarakat dan menjadi solusi. Harapannya kehadiran TNI, akan dapat memberikan dampak yang positif,” ungkapnya.

Sementara itu, lurah Martajaya bersama masyarakat sekitar, mengatakan sangat berterimakasih atas program dari Bapak Kasad tentang kegiatan karya bakti yang dilaksanakan oleh TNI AD dalam hal ini Kodim 1427 Pasangkayu.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi warga di sekitar pasar ini untuk membersihkan dan menjaga kebersihan di sekitar pasar yang mana menjadi lokasi untuk berjualan,” ucapnya.

Diakhir kegiatan pada pagi Jum’at dini hari, Dandim 1427/Pasangkayu memberikan apresiasi gerak cepat dan kesigapan seluruh pihak yang turut serta dalam karya bakti pembersihan pasar Smart Martajaya. Menurutnya pasar merupakan tempat berkumpulnya orang untuk melakukan transaksi jual beli sehingga harus memiliki lingkungan yang tetap bersih, sehat dan nyaman.

“Ini menjadi perhatian kita bersama, jika kita bersama-sama peduli terhadap kondisi ini dengan mengantisipasi dini tentunya dengan gotong royong kita dapat meminimalisasi bencana pada musim hujan,” jelasnya.

Dony juga mengatakan kedepannya akan mengerahkan seluruh Koramil jajarannya untuk melaksanakan hal yang sama dengan melibatkan Polsek, Pemerintah Kecamatan dan masyarakat untuk membersihkan saluran irigasi yang apabila tersumbat atau macet akan menimbulkan genangan air, tutupnya.

(Riano)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *